Senin, 24 Mei 2010

Ukuran Ginjal, Kunci Sukses Transplantasi

Do you ever feel like you know just enough about news to be dangerous? Let's see if we can fill in some of the gaps with the latest info from news experts.
KOMPAS.com " Selama ini golongan darah yang sesuai menjadi kualifikasi penting untuk mencegah penolakan ginjal setelah pencangkokan. Namun, studi terbaru menyebutkan, ukuran berat ginjal juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Penerima cangkok yang menerima ginjal dengan ukuran yang lebih kecil dibanding proporsi berat badan mereka lebih berisiko pada terjadinya komplikasi.

Kesimpulan tersebut dihasilkan dalam penelitian terhadap 1.000 pasien transplantasi ginjal. Dalam laporan yang dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology, para ilmuwan mengatakan hasil studi ini bisa menjadi referensi bagi  dokter untuk meningkatkan harapan hidup pasien.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan terus mengikuti kesehatan pasien selama lima tahun pascaoperasi. Menggunakan kalkulasi berdasarkan berat badan pendonor dan berat badan penerima ginjal, diketahui bahwa ginjal yang berukuran lebih kecil dibanding bobot tubuh penerima berisiko komplikasi.

I trust that what you've read so far has been informative. The following section should go a long way toward clearing up any uncertainty that may remain.

Komplikasi tersebut antara lain naiknya tekanan darah, jaringan parut pada ginjal dan 55 persen risiko kegagalan pencangkokan dua tahun pascaoperasi. Mayoritas penerima cangkok dalam penelitian ini mendapat organ dari donor mati.

Profesor Jean Paul Soulillou, ketua peneliti, mengatakan, dari sudut pandang klinikal, hasil studi ini setara dengan proses identifikasi marker (penanda) untuk mengetahui tipe jaringan yang sesuai untuk mengurangi risiko penolakan. Faktor kesesuaian dan kecocokan antara jaringan donor dan penerima adalah masalah penting.

"Informasi ini sangat dibutuhkan bagi ribuan proses pencangkokan untuk meningkatkan angka harapan hidup," katanya.

Dalam 15 tahun terakhir ini, lebih dari 100.000 pencangkokan ginjal dilakukan di Amerika Serikat. Cangkok ginjal merupakan pilihan terbaik bagi mereka dengan gagal ginjal stadium akhir.

That's how things stand right now. Keep in mind that any subject can change over time, so be sure you keep up with the latest news.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar